Setiawan, Agus (2018) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Keterampilan Sosial Dan Sikap Bertanggung Jawab Siswa SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
1 Cover Fixed.swf Download (572kB) |
![]() |
Text
2 ABSTRAK Fixed.swf Download (534kB) |
![]() |
Text
3 Surat Keaslian Karya Fixed.swf Download (1MB) |
![]() |
Text
4 Lembar Pengesahan Fixed.swf Download (1MB) |
![]() |
Text
5 Kata Pengantar Fixed.swf Download (517kB) |
![]() |
Text
6 Daftar Isi Fixed.swf Download (532kB) |
![]() |
Text
7 Bab 1 Fixed.swf Download (550kB) |
![]() |
Text
8 Bab 2 Fised.swf Download (692kB) |
![]() |
Text
9 Bab 3 Fixed.swf Download (654kB) |
![]() |
Text
10 Bab 4 Fixed.swf Download (799kB) |
![]() |
Text
11 Bab 5 Fixed.swf Download (524kB) |
![]() |
Text
12 Daftar Pustaka.swf Download (539kB) |
![]() |
Text
Lampiran Full.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Apakah terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD, NHT dan konvensional terhadap keterampilan sosial siswa. (2) Apakah terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD, NHT dan konvensional terhadap sikap bertanggung jawab siswa. (3) Apakah terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD, NHT dan konvensional terhadap keterampilan sosial dan sikap bertanggung jawab siswa. (4) Apakah model pembelajaraan kooperatif tipe STAD dan NHT efektif terhadap keterampilan sosial dan sikap bertanggung jawab siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group pretest-postest Design dengan dua kelompok eksperimen dan satu kelompok control. Tempat penelitian adalah SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Data diperoleh dengan menggunakan teknik angket dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan paired t-test, Anova dan Manova dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Terdapat terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD, NHT dan konvensional terhadap keterampilan sosial siswa. (2) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD, NHT dan konvensional terhadap sikap bertanggung jawab siswa. (3) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD, NHT dan konvensional terhadap keterampilan sosial dan sikap bertanggung jawab siswa. (4) Model pembelajaraan kooperatif tipe STAD dan NHT efektif terhadap keterampilan sosial dan sikap bertanggung jawab siswa. Kata kunci: STAD, NHT, Keterampilan Sosial, dan Sikap Bertanggung Jawab.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Date Deposited: | 11 Jan 2019 03:03 |
Last Modified: | 08 May 2019 03:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |