Pengembangan LKPD Keanekaragaman Tanaman Obat Model Group Investigation Terhadap Minat dan Pemahaman Belajar Peserta Didik Kelas X

Prayitno, Novia Linda (2018) Pengembangan LKPD Keanekaragaman Tanaman Obat Model Group Investigation Terhadap Minat dan Pemahaman Belajar Peserta Didik Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-novia linda prayitno-14725251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) kelayakan lkpd keanekaragaman tanaman obat model group investigation. (2) hasil uji coba lkpd keanekaragaman tanaman obat model group investigation terhadap pemahaman belajar peserta didik kelas x. (3) hasil uji coba lkpd keanekaragaman tanaman obat model group investigation terhadap minat belajar peserta didik kelas x Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (research and Development) dengan langkah-langkah 4-D (four-D-model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, and Melvyn I. Semmel. Desain pengembangan ini terdiri dari empat tahap yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebarluasan). Subjek uji coba terbatas penelitian ini adalah 10 peserta didik kelas XI SMA N 1 Cangkringan. Subjek uji coba produk operasional terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 24 orang peserta didik kelas X SMA N 1 Cangkringan dan kelas control sebanyak 24 orang peserta didik SMA N 1 Cangkringan. Pengumpulan data menggunakan pemberian tes (lembar tes pemahaman belajar), non tes (penilaian produk, angket). Teknik analisis data menggunakan SPSS untuk mengetahui kevalidan dan reabilitas item, menganalisis data dengan Independent T-Test. Penelitian ini menghasilkan produk berupa LKPD keanekaragaman tanaman obat yang layak digunakan sebagai sumber belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil 1) validasi ahli materi menunjukan hasil baik dengan skor rata-rata 2,8 dan ahli pembelajaran dengan hasil sangat baik dengan skor rata-rata 3,3. 2) Hasil uji coba lapangan dengan respon peserta didik terhadap LKPD, pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik menunjukkan nilai signifikansi masing-masing lebih besar dari 0,05 Dengan asumsi semakin kecil nilai signifikasi table maka Ha diterima dan H 0 ditolak. Kata Kunci: Pengembangan LKPD, Group Investigation, Pemahaman Konsep, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Date Deposited: 10 Jan 2019 06:41
Last Modified: 07 Mar 2023 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62387

Actions (login required)

View Item View Item