Analisis Kualitas Soal dan Kemampuan Belajar Akuntansi Siswa di SMK Se-Kabupaten Sleman

Kurniawan, Nur Ichsanuddin Achmad (2018) Analisis Kualitas Soal dan Kemampuan Belajar Akuntansi Siswa di SMK Se-Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_Nur Ichsanuddin_14701251033.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) karakteristik butir soal latihan ujian nasional mata pelajaran akuntansi tahun ajaran 2015/2016 berdasarkan pendekatan teori tes klasik; (2) karakteristik butir soal latihan ujian nasional mata pelajaran akuntansi tahun ajaran 2015/2016 berdasarkan pendekatan modern; (3) klasifikasi kemampuan belajar akuntansi siswa tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan teori tes klasik dan teori tes modern untuk kualitas butir soal dan deskriptif kuantitatif untuk kemampuan belajar siswa yang didasarkan pada respon siswa SMK terhadap perangkat tes latihan ujian nasional mata pelajaran akuntansi Tahun Ajaran 2015/2016 di Kabupaten Sleman. Adapun jumlah yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 414 siswa yang mengerjakan paket A. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan pendekatan teori tes klasik, indeks validitas perangkat tes latihan ujian nasional mata pelajaran akuntansi tahun ajaran 2015/ 2016 tersebut valid. Ada 11 butir atau 27,5% masuk kategori soal mudah, 22 butir atau 55% kategori sedang, dan 7 butir atau 17,5% kategori sukar, sehingga ada 19 butir atau sebesar 47,5% dari total butir yang di analisis sesuai dengan kriteria butir baik. (2) analisis dengan pendekatan modern, ada 34 butir atau sebesar 85% dari total butir yang di analisis yang termasuk dalam kategori butir baik. (3) Klasifikasi Kemampuan Belajar Akuntansi siswa dibagi menjadi 5 yaitu siswa dengan kemampuan sangat tinggi ada 159 siswa (38%), kemampuan tinggi ada 14 siswa (3%), kemampuan sedang 24 siswa (6%), kemampuan rendah 30 siswa (7%) dan sangat rendah 187% (45%). Kata Kunci: akuntansi, karakteristik butir, klasifikasi kemampuan Rasch Model,

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Date Deposited: 10 Jan 2019 03:56
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62384

Actions (login required)

View Item View Item