Pengaruh Metakognisi, Motivasi belajar, dan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri di Kota Kediri

Susilo, Moh. Bayu (2018) Pengaruh Metakognisi, Motivasi belajar, dan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri di Kota Kediri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_MOH. BAYU SUSILO.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) pengaruh metakognisi, motivasi belajar, dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA Negeri di kota Kediri baik secara parsial maupun simultan, dan (2) pengaruh antara metakognisi, motivasi belajar, self-efficacy, dan kemampuan pemecahan masalah terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri di Kota Kediri baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian survey dengan sampel dari siswa kelas X SMA Negeri di kota Kediri. Instrumen penelitian menggunakan tes dan non tes. Instrumen non tes berupa angket dengan 30 peryataan digunakan untuk mengukur skor metakognisi, motivasi belajar matematika, dan self-efficacy siswa kelas X SMA Negeri di kota Kediri. Instrumen tes berupa soal uraian sebanyak 2 buah soal digunakan untuk mengukur skor kemampuan pemecahan masalah dan 20 soal pilihan ganda digunakan untuk mengukur prestasi belajar matematika. Seluruh instrumen penelitian telah melewati pembuktian validitas isi dan validitas konstruk dengan kesimpulan instrumen valid dan layak digunakan. Sedangkan hasil estimasi reliabilitas menunjukan setiap instrumen penelitian mempunyai indeks Alpha Cronbach 0,8 sehingga instrumen sangat reliabel. Analisis data menggunakan path analysis untuk menentukan hubungan dan pengaruh langsung, tidak langsung dan pengaruh total antara variabel eksogen yaitu metakognisi, motivasi belajar, dan self-efficacy terhadap variabel endogen yaitu kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metakognisi, motivasi belajar, dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Serta terdapat pengaruh yang signifikan antara metakognisi, motivasi belajar, self-efficacy, dan kemampuan pemecahan masalah terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri di Kota Kediri. Kata kunci: Metakognisi, Motivasi Belajar, dan Self-Efficacy, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Prestasi Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 10 Jan 2019 03:37
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62383

Actions (login required)

View Item View Item