Winanti, Anggraeni Ratna (2018) Pengembangan Modul Kalkulus pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dalam Rangka Meningkatkan Prestasi dan Apresiasi Siswa terhadap Matematika. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
TESIS RATNA.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmenghasilkan modul pembelajaran Kalkulus: (1) yang valid, praktis, dan efektif, (2) yang dapat meningkatkan prestasi, dan (3) yang dapat meningkatkan apresiasi siswa terhadap matematika. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yangmeliputi: (1) tahap desain awal: (2) tahap desain akhir; dan (3) tahap penilaian. Subjek uji coba adalah guru dan siswa kelas XI Jurusan Multimedia SMK N 1 Purwosari.Teknik pengumpulan data melalui tes tertulis dan angket.Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian guru dan penilaian siswa, instrumen tes prestasi, dan instrumen angket apresiasi siswa terhadap matematika.Teknik analisis data meliputi analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul pembelajaran kalkulus secara valid, praktis, dan efektif dapat digunakan dalam pembelajaran matematika oleh siswa SMK selama pelaksanaan pembelajaran Praktik Kerja Industri pada dunia usaha; (2) modul pembelajaran kalkulus yang dikembangkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa; dan (3) modul pembelajaran kalkulus yang dikembangkan mampu meningkatkan apresiasi siswa terhadap matematika. Kata kunci: modul pembelajaran, prestasi, apresiasi siswa
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 08 Jan 2019 04:24 |
Last Modified: | 08 May 2019 03:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62369 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |