Pengaruh Motivasi Belajar, Kemampuan Guru Mengajar, Perhatian Orangtua dan Fasilitas Belajar terhadap Pemahaman Materi Sistem Regulasi Peserta Didik Kelas XI SMA/MA Se-Kabupaten Gunungkidu

Dityawati, Meilana Sapta (2018) Pengaruh Motivasi Belajar, Kemampuan Guru Mengajar, Perhatian Orangtua dan Fasilitas Belajar terhadap Pemahaman Materi Sistem Regulasi Peserta Didik Kelas XI SMA/MA Se-Kabupaten Gunungkidu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-meilana sapta dityawati-14725251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan secara parsial antara motivasi belajar, kemampuan guru mengajar, perhatian orangtua dan fasilitas belajar dengan pemahaman materi sistem regulasi, (2) mengetahui pengaruh secara parsial motivasi belajar, kemampuan guru mengajar, perhatian orangtua dan fasilitas belajar terhadap pemahaman materi sistem regulasi, (3) mengetahui pengaruh secara simultan motivasi belajar, kemampuan guru mengajar, perhatian orangtua dan fasilitas belajar terhadap pemahaman materi sistem regulasi dan (4) mengetahui variabel independen yang paling mempengaruhi pemahaman materi sistem regulasi Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI program MIA SMA/MA se-Kabupaten Gunungkidul tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 930 peserta didik. Responden yang digunakan sebanyak 272 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar, kemampuan guru mengajar, perhatian orangtua dan fasilitas belajar mempunyai hubungan positif dengan pemahaman materi sistem regulasi, (2) Motivasi belajar dan perhatian orangtua berpengaruh signifikan, kemampuan guru mengajar dan fasilitas belajar berpengaruh tidak signifikan terhadap pemahaman materi sistem regulasi, (3) motivasi belajar, kemampuan guru mengajar, perhatian orangtua dan fasilitas belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pemahaman materi sistem regulasi dan (4) Variabel independen yang paling mempengaruhi pemahaman materi sistem regulasi adalah perhatian orangtua diikuti motivasi belajar, kemampuan guru mengajar dan fasilitas belajar. Kata kunci: motivasi belajar, kemampuan guru mengajar, perhatian orangtua, fasilitas belajar, pemahaman materi sistem regulasi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Date Deposited: 08 Jan 2019 03:54
Last Modified: 23 Feb 2023 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62368

Actions (login required)

View Item View Item