Pengembangan Computerized Adaptive Test (CAT) untuk Memetakan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA

Abidin, Aang Zainul (2018) Pengembangan Computerized Adaptive Test (CAT) untuk Memetakan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis Aang Zainul Abidin 16726251022.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan program Computerized Adaptive Test for Physics Critical Thinking Skills (CAT-PhysCriTS) yang memenuhi syarat untuk memetakan keterampilan berpikir kritis fisika dari segi konstruksinya; 2) mengetahui karakteristik bank soal keterampilan berpikir kritis fisika; 3) mengetahui hasil pemetaan keterampilan berpikir kritis fisika peserta didik; dan 4) mengetahui respon peserta didik terhadap program CAT- PhysCriTS. Produk dikembangkan dengan menggabungkan model Oriondo dan Antonio untuk bank soal, serta model 4-D untuk media CAT. Tahapan yang dilakukan meliputi: 1) studi pendahuluan, perencanaan awal bank soal, dan pendefinisian media; 2) penulisan butir soal dan perancangan media CAT; 3) pengujian bank soal, pengembangan media CAT, input bank soal ke dalam media CAT, uji coba lapangan CAT-PhysCriTS, serta interpretasi skor dan pemetaan; dan 4) evaluasi, pengemasan produk akhir, dan penyebaran. Desain uji coba meliputi: 1) penilaian ahli yang terdiri atas uji validitas isi bank soal yang melibatkan 9 ahli dan dianalisis dengan formula Aiken, serta telaah media yang melibatkan 11 ahli dan dianalisis dengan melihat kriteria kelayakan media; 2) uji coba terbatas tes melibatkan 344 peserta didik kelas XI SMAN 1 pengasih, SMAN 1 Sentolo, dan SMAN 1 Wates yang dianalisis mengikuti partial credit model (PCM) dengan bantuan program Quest dan Parscale; dan 3) uji coba lapangan produk melibatkan 233 peserta didik kelas XI MAN 2 Kulon Progo, SMAN 2 Wates, dan MAN 1 Kulon Progo yang kemudian dipetakan dan diminta memberikan penilaian terhadap produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program CAT-PhysCriTS dengan konstruksi bank soal mencakup materi fisika kelas XI SMA semester ganjil dengan format two-tier multiple-choice yang berjumlah 136 butir (4 paket dan 8 anchor) sedangkan konstruksi media CAT didasarkan pada algoritma teori respon butir, logika dan statistika sederhana. Produk tersebut telah memenuhi syarat validitas isi untuk bank soal dengan indek Aikens’ V berada pada rentang 0,89-1,00 (valid), sedangkan media CAT mendapatkan nilai telaah media dengan skor rata-rata 14,73 dalam kategori sangat baik; 2) seluruh butir soal fit dengan PCM dengan nilai INFIT MNSQ 0,88-1,18, estimasi item reliability sebesar 0,87 dan cocok untuk peserta didik dengan kemampuan −1,7 ≤

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:27
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62353

Actions (login required)

View Item View Item