Pengembangan LKPD Dengan Menggunanakan Model Outdoor Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X

Firmansah, Firmansah (2018) Pengembangan LKPD Dengan Menggunanakan Model Outdoor Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-firmansah-16725251030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran model model outdoor learning yang layak digunakan untuk pembelajaran biologi berdasarkan penilaian ahli; dan (2) mengetahui keefektifan model outdoor learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan peserta didik SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development, R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebarluasan. Uji coba luas dikembangakan menggunakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group. Subjek uji coba lapangan terdiri atas 60 peserta didik dari dua kelas X IPA SMAN 1 Madapangga. Data dikumpulkan dengan metode pemberian test dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar respon peserta didik terhadap pembelajaran, tes pemahaman konsep, dan lembar angket sikap peduli lingkungan. Data dianalisis dengan uji manova dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05 untuk mengetahui pengaruh model outdoor learning yang dikembangkan terhadap pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model outdoor learning layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan berdasarkan penilaian ahli terhadap RPP, LKPD. Perangkat pembelajaran model outdoor learning efektif untuk meningktakan pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan peserta didik berdasarkan hasil uji manova dengan nilai sig. yang kurang dari 0,05. Kata kunci: LKPD, outdoor learning, pemahaman konsep, sikap peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Date Deposited: 04 Jan 2019 03:51
Last Modified: 06 Mar 2023 06:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62352

Actions (login required)

View Item View Item