Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Ranah Psikomotorik pada Materi Pengenalan Adobe Flash CS6 Siswa Kelas XI SMK N 1 Juwiring

Nugraha, Chandra Adhitama (2018) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Ranah Psikomotorik pada Materi Pengenalan Adobe Flash CS6 Siswa Kelas XI SMK N 1 Juwiring. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_Chandra Adhitama Nugraha_16707251013.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia yang layak dan memiliki kontribusi dalam proses pembelajaran dengan memperhatikan ranah psikomotorik untuk siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan dalam memahami materi pengenalan aplikasi Adobe Flash CS6. Penelitian ini menggunakan metode peneltian Research and Development yang diadaptasi dari Borg and Gall. Penelitian menggunakan Sembilan tahap yaitu 1) research and information collecting, 2) planning, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba awal, 6) uji coba lapangan, 7) merevisi produk hasil uji coba lapangan, 8) melakukan uji pelaksanaan lapangan, 9) revisi produk akhir. Strategi pembelajaran menggunakan model ASSURE. Penelitian ini menempuh proses validasi masing-masing dua ahli materi dan ahli media. Validasi ahli bertujuan untuk menilai tingkat kelayakan dari multimedia. Uji coba produk awal melibatkan 4 orang siswa kelas XI Multimedia II SMK N 1 Juwiring, uji coba lapangan melibatkan 15 orang siswa kelas XI Multimedia II SMK N 1 Juwiring dan uji pelaksanaan lapangan melibatkan 30 orang siswa kelas XI Multimedia I SMK N 1 Juwiring. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, angket kelayakan multimedia oleh ahli media, angket kelayakan multimedia oleh ahli materi dan angket kelayakan multimedia oleh siswa. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Skala penilaian menggunakan skala Likert dengan skala 1-5. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa produk multimedia pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dan memiliki kontribusi pada ranah psikomotorik siswa. Hasil validasi dua ahli media pada aspek tampilan 4,15 dan 4,31; aspek pemrograman 4,50 dan 4,25; aspek pembelajaran 4,33 dan 4,67. Hasil validasi dua ahli materi pada aspek materi diperoleh skor rata-rata 4 dan 4,2; aspek kesesuaian konsep 4 dan 4; aspek pembelajaran 4 dan 4,2. Hasil dari uji coba lapangan awal diperoleh skor 4,2. Hasil uji coba lapangan 4,3. Hasil uji coba pelaksanaan lapangan diperoleh skor 4,5. Hasil dari validasi ahli dan uji coba produk diperoleh hasil dengan rentang skor minimal memiliki kriteria “baik”, sehingga dikatakan produk yang dikembangkan “layak”. Kata Kunci: muiltimedia, psikomotor, adobe, flash

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Date Deposited: 04 Jan 2019 03:21
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62351

Actions (login required)

View Item View Item