PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA DASAR-DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN UNTUK SISWA KELAS X SMK NASIONAL BERBAH

Wulandari, Agustina (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA DASAR-DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN UNTUK SISWA KELAS X SMK NASIONAL BERBAH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Agustina Wulandari 14520241019 A.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Selama ini pembelajaran Dasar-Dasar Algoritma dan Pemrograman kelas X di SMK Nasional Berbah belum menggunakan media yang bervariasi sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada pembelajaran tersebut dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: (1) Analyze (analisis), (2) Design (desain atau perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SMK Nasional Berbah dengan melibatkan 20 responden pada bulan Agustus sampai Oktober 2018 untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Android ini. Data yang dikumpulkan melalui metode angket kemudian dilakukan analisis dengan mengubah rata-rata hasil skor ke dalam bentuk persentase. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Produk media pembelajaran berbasis Android Dasar-Dasar Algoritma dan Pemrograman untuk siswa kelas X yang memiliki fitur petunjuk penggunaan, materi pembelajaran, video pembelajaran, contoh program, latihan soal, dan mini-game. (2) Tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Android Dasar-Dasar Algoritma dan Pemrograman untuk siswa kelas X oleh ahli media diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 95,34% dengan kategori “Sangat Layak”, oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 88,6% dengan kategori “Sangat Layak”, dan pengujian oleh siswa diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 82,47% dengan kategori “Sangat Layak”, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, android, kelayakan, algoritma dan pemrograman
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Jan 2019 00:58
Last Modified: 30 Jan 2019 17:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62348

Actions (login required)

View Item View Item