LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMP N 4 NGAGLIK

Azhari, Aris (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMP N 4 NGAGLIK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14601241097_Aris Azhari_PJKR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri berbasis pendidikan yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan/menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Kegiatan PLT dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PLT ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PLT langsung di lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP Negeri 4 Ngaglik yang berlokasi di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Wonorejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan PLT di SMPN 4 Ngaglik dimulai pada tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017 dan terbagi mengajar di kelas VII B, VII C, dan VIII A dan VIII B. Melalui tahap observasi, dalam melaksanakan program PLT di sekolah, ada beberapa program PLT yang direncanakan oleh mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan RPP (2) Pembuatan Media Pembelajaran (3) Praktik mengajar; dan (4) Evalusi Pembelajaran. Selain itu, mahasiswa PLT juga diajarkan bagaimana cara menajdi seorang pendidik yang baik, bagaimana mengelola kelas penjasorkes baik di dalam ruangan maupun di lapangan, serta berbagai hal yang berkaitan dengan kinerja para guru. Dengan adanya kegiatan PLT ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, UNY, SMP Negeri 4 Ngaglik, pembelajaran, penjasorkes
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jan 2019 03:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62328

Actions (login required)

View Item View Item