LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMP N 4 NGAGLIK

Fauzi, Imam (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMP N 4 NGAGLIK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14416244005_Imam Fauzi_Pend.IPS.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri berbasis pendidikan yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan/menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Kegiatan PLT dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PLT ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PLT langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP Negeri 4 Ngaglik yang berlokasi di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Wonorejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan PLT di SMPN 4 Ngaglik dimulai pada tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017 dan mahasiswa pendidikan IPS atas nama Imam Fauzi mengajar di kelas VII A berjumlah 34 siswa, dan VII B berjumlah 33 siswa. Melalui tahap observasi, dalam melaksanakan program PLT di sekolah, ada beberapa program PLT yang direncanakan oleh mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan RPP (2) Pembuatan Media Pembelajaran (3) Praktik mengajar; dan (4) Evalusi Pembelajaran. Selain itu, mahasiswa PLT juga diajarkan bagaimana cara menajdi seorang pendidik yang baik, bagaimana mengelola kelas baik, serta berbagai hal yang berkaitan dengan kinerja para guru. Pengajaran dikelas dengan menggunakan kurikulum 2013, dan pendekatan 5M kepada siswa, hal ini dinilai menjadikan pembelajaran lebih efektif,menyenangkan dan menjadikan siswa lebih aktif dalam belajar,diitambah memberi materi baik kelas VII A dan kelas VIII B dengan metode praktikum. Dengan adanya kegiatan PLT ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, UNY, SMP Negeri 4 Ngaglik, pembelajaran, IPS
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jan 2019 03:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62321

Actions (login required)

View Item View Item