LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) PERIODE 15 SEPTEMBER – 15 NOVEMBER 2017 LOKASI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Aini, Fu’adida Nur (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) PERIODE 15 SEPTEMBER – 15 NOVEMBER 2017 LOKASI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fu'adida Nur Aini_Pendidikan Sejarah_14406241018.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang mempunyai misi menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi dalam bidang kependidikan yang didukung bidang non kependidikan untuk menghasilkan manusia unggul yang mengutamakan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikian. Misi tersebut kemudian diimplementasikan pada program pemberdayaan sekolah melalui jalur Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di sekolah. Pada kegiatan PLT ini, mahasiswa dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga serta ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan sekolah. SMA Negeri 5 Yogyakarta berlokasi di Jalan Nyi Pembayun 39, Kotagede, Yogyakarta, merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Program PLT di SMA Negeri 5 Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Sebelum kegiatan dilaksanakan terlebih dahulu diawali dengan berbagai persiapan. Persiapan tersebut menyangkut kegiatan yang diprogramkan dari UNY maupun yang diprogramkan secara individu oleh praktikan, yang meliputi pengajaran microteaching, pembekalan, observasi, dan pembuatan perangkat pembelajaran, pengadaan silabus, membuat program tahunan, program semester, dan RPP, praktik mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan PLT meliputi pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar yang pelaksanaannya berjalan dengan lancar. Pelaksanaan PLT ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PLT ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali terbimbing dan 4 kali secara mandiri, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas lebih dari 8 kali, diantaranya yaitu kelas XI MIPA 8, XI MIPA 6, dan kelas XI IPS. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah, permainan, talking stick and answer a question, make a match, quiz siapa cepat, dll. Melalui kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini, praktikan mendapatkan banyak bekal seperti pengalaman serta gambaran nyata tentang kegiatan pembelajaran, serta nilai-nilai seperti kerja keras, kerjasama, tanggungjawab, dan disiplin. Selain itu, dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dan memiliki keterampilan mengajar. Dengan terselesaikannya kegiatan PLT ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA Negeri 5 Yogyakarta, Program PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Dec 2018 02:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62246

Actions (login required)

View Item View Item