Pengaruh Kemampuan Musikal terhadap Kecerdasan Interpersonal, Empati, dan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas xi di SMAN 1 Bulu Sukoharjo

Adi, Christian Henri Kusuma (2018) Pengaruh Kemampuan Musikal terhadap Kecerdasan Interpersonal, Empati, dan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas xi di SMAN 1 Bulu Sukoharjo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-christian-henri-kusuma-adi-14724251007.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis, dan untuk memperoleh bukti empiris tentang (1) pengaruh kemampuan musikal dengan kecerdasan interpersonal pada siswa kelas XI di SMAN I Bulu Sukoharjo; (2) pengaruh kemampuan musikal dengan empati pada siswa kelas XI di SMAN I Bulu Sukoharjo; (3) pengaruh kemampuan musikal dengan kepercayaan diri pada siswa kelas XI di SMAN I Bulu Sukoharjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA I Bulu sebanyak 320 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling berdasarkan tabel Krecjie dan Morgan pada taraf signifikan 5%. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA I Bulu sebanyak 175 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes praktik dan kuesioner. Validitas menggunakan validitas isi dan konstruk, dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menyebutkan bahwa (1) Ada pengaruh kemampuan musikal dengan kecerdasan interpersonal pada siswa kelas XI di SMAN I Bulu Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,447. (2) Ada pengaruh kemampuan musikal dengan empati pada siswa kelas XI di SMAN I Bulu Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,265. (3) Ada pengaruh kemampuan musikal dengan kepercayaan diri pada siswa kelas XI di SMAN I Bulu Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,507.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan musikal, kecerdasan interpersonal, empati, dan kepercayaan diri
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Dec 2018 06:25
Last Modified: 09 May 2019 09:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62052

Actions (login required)

View Item View Item