Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kalkulus SMA

Rahmantiwi, Wahyu Berti (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kalkulus SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis Wahyu Berti.swf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang baik dan layak digunakan serta memnuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah kalkulus SMA kelas XI semester genap meliputi materi limit fungsi, turunan dan integral. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 32 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pundong, Bantul. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar respon peserta didik, lembar keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan komunikasi matematika dan tes kemampuan pemecahan masalah. Produk yang dikembangkan dalam perangkat pembelajaran matematika berbasis PBL untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematika dan kemampuan pemecahan masalah berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang mendukung Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan design secara spesifik yaitu penyajian masalah tidak terstruktur atau masalah kontekstual yang berhubungan dengan materi kalkulus SMA, kemudian perencanaan dan penyelidikan masalah yang dirinci, disusun, dan dirumuskan dalam kelompok kecil untuk memodelkan masalah menggunakan bahasa dan representasi matematika agar peserta didik mampu menyajikan hasil diskusi dengan mengkomunikasikan melalui model matematika dari permasalahan yang ada di depan kelas, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori baik dan memenuhi kriteria valid. Hasil penilaian guru terhadap RPP dan LKPD, respon peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran memenuhi kriteria praktis. Berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematika dan tes kemampuan pemecahan masalah masing-masing telah memenuhi kriteria efektif. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran matematika berbasis PBL yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: problem based learning, kemampuan komunikasi matematika, kemampuan pemecahan masalah, kalkulus

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 18 Dec 2018 02:24
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62025

Actions (login required)

View Item View Item