Pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Prambanan Pada Materi Sistem Ekskresi

Vegas, Susana Osiana (2018) Pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Prambanan Pada Materi Sistem Ekskresi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS Susana Osiana Vegas-compressed.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi, dan (2) pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan cluster random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Prambanan. Sampel penelitian ini adalah 2 yaitu XII MIPA 1 sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas kontrol dan XII MIPA 2 sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen menerapkan model problem based learning. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan pemecahan masalah berupa soal uraian dan kemampuan berpikir kritis berupa soal pilihan ganda. Analisi butir soal baik validitas maupuan reliabilitas dengan menggunakan QUEST. Hasilnya semua item valid karena suatu item dikatakan fit dengan model ketika berada pada batas kisatan INFIT MNSQ ≥ 0,77 sampai ≤ 1,30, sedangkan nilai reliabilitas untuk kemampuan pemecahan masalah 0,41 dan untuk kemampuan berpikir kritis 0,42. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model problem based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai signifikan 0,000 (<0,05), dan (2) model problem based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai signifikan 0,000 (<0,05). Kata kunci: problem based learning, pemecahan masalah, berpikir kritis

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Date Deposited: 18 Dec 2018 01:33
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62008

Actions (login required)

View Item View Item