Peranan Kiai dalam Membangun Partisipasi Pemilih di Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pada Pemilukada Kabupaten Pamekasan 201

Nurhadi, Nurhadi (2018) Peranan Kiai dalam Membangun Partisipasi Pemilih di Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pada Pemilukada Kabupaten Pamekasan 201. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Nurhadi 16730251026..swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan (1) Bagaimana peranan kiai dalam membangun partisipasi pemilih di Pesantren Darul Ulum Banyuanyar pada pemilukada di Kabupaten Pamekasan. (2) Apa yang menjadi hambatan kiai dalam membangun partisipai pemilih di pesantren Darul Ulum Banyuanyar pada pemilukada di Kabupaten Pamekasan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Kabupaten Pamekasan. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive. Peneliti menentukan pengasuh pondok pesantren Darul Ulum Banyuanyar, pengurus pondok pesantren Darul Ulum Banyuanyar dan ustad pondok pesantren Darul Ulum Banyuanyar sebagai subjek penelitian. Data penelitian dianalisis menggunakan prosedur analisis kualitatif model interaktif dengan langkahlangkah: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Peranan kiai sebagai patron politik masyarakat menjadi acauan dalam menentukan pilihan politik, kiai sebagai elit politik aktif dalam kepengurusan partai politik dan mobilisasi massa, kiai sebagai mediator politik menjadi penengah dalam konflik politik. Kedua Hambatan yang dihadapi kiai dalam memastikan tingkat kepatuhan santri/alumni dan faktor kesehatan kiai dalam beberapa kesempatan membatasinya tidak bisa mengikuti kegiatan yang diagendakan kepada kiai sehingga berpengaruh terhadap antusiasme masyarakat. Kata Kunci: Peranan kiai, Partipasi pemilih, Pesantren.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Date Deposited: 17 Dec 2018 09:21
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62001

Actions (login required)

View Item View Item