Menerapkan English Simple Code untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Komunikatif Siswa dan Motivasi Mereka pada Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman

Jayaputri, Herlandri Eka (2018) Menerapkan English Simple Code untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Komunikatif Siswa dan Motivasi Mereka pada Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-herlandri eka jayaputri-16706251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara dalam penerapan English simple code untuk meningkatkan kemampuan berbicara komunikatif siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman. Kedua, menemukan cara dalam penerapan English simple code untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C yang terdiri 24 siswa. Mereka dipilih karena mempunyai nilai terendah dalam keterampilan berbicara komunikatif bahasa Inggris dan motivasi mereka juga rendah berdasarkan pre-observasi pada wawancara guru, kuesioner siswa dan proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan pada semester pertama tahun ajaran 2018/2019 di bulan Juli hingga Agustus 2018. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi, tes, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Data-data tersebut selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data kuantatif diperoleh melalui (1) hasil belajar siswa pada pre-test dan post-test. Setelah itu, dianalisis dengan membandingkan keterampilan berbicara komunikatif siswa sebelum dan sesudah tindakan, (2) hasil kuesioner siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Kemudian, hasil tersebut dibandingkan. Pada data kualitatif diperoleh dari observasi selama proses pembelajaran dan hasil wawancara guru sebelum serta sesudah tindakan. Kemudian dianalisis dengan pemilihan data, penjabaran dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan English simple code membantu siswa untuk memperoleh bahasa target. Menggunakan bermacam-macam aktivitas (acting from the script, repetition drill, pair or group activity, the communicative game such as take one and act out; who am I ?; Give your best praises; and what can you do?) dan umpan baik yang ditunda, dapat meningkatkan kemampuan berbicara komunikatif siswa dan motivasi mereka. Selain itu, menerapkan English simple code dengan menggunakan berbagai aktivitas mempengaruhi affective filter siswa menjadi rendah dalam proses pembelajaran, sehingga mereka memiliki kekawatiran atau kegugupan yang rendah dan kepercayaan diri yang tinggi dalam memperoleh bahasa target. Selain itu, kemampuan berbicara komunikatif meningkat pada setiap siklus dilihat pada nilai rata-rata. Nilai rata-rata pada pre-test yaitu 43,75 dan meningkat pada post test pertama sebesar 63,75. Kemudian, pada post-test kedua yaitu 78, 75, ini semakin meningkat dengan melebihi dari nilai standar 75. Kemudian, ketika kemampuan berbicara meningkat, maka motivasi siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat pada setiap siklus. Nilai rata-rata kuesioner siswa sebelum tindakan adalah 2,48 dan meningkat pada post test pertama yaitu 2,94. Pada post-test kedua, meningkat sebesar 3,23 yang menunjukan motivasi tinggi. Berdasarkan pada proses pembelajaran dan hasil siswa, dapat disimpulkan bahwa penerapan English simple code dapat meningkatkan kemampuan berbicara komunikatif siswa dan motivasi kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman. Kata kunci: English simple code, kemampuan berbicara komunikatif, motivasi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Date Deposited: 13 Dec 2018 07:28
Last Modified: 02 Nov 2022 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61946

Actions (login required)

View Item View Item