LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA N 11 YOGYAKARTA

Setiyorini, Kiki (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA N 11 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
KIKI SETIYORINI_14413241042_PENDIDIKAN SOSIOLOGI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi seluruh mahasiswa program studi kependidikan S1 di Universitas Negeri Yogyakarta yang memiliki bobot sebanyak 3 sks. PLT merupakan wadah untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah sebagai seorang pendidik. PTL menjadikan mahasiswa mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik yang professional. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 18 September sampai dengan 15 November 2017 di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PLT diawali dengan kegiatan berupa observasi, observasi terdiri dari dua jenis observasi yaitu observasi lingkungan sekolah dan observasi kegiatan pembelajaran di kelas. Kegiatan utaman PLT di SMA N 11 Yogyakarta secara resmi dimulai pada tanggal 18 September. Pelaksanaan PLT terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Selain kegiatan yang berhubungan kedang belajar mengajar terdapat juga kegiatan lain , seperti piket 3S, piket KBM, penyampulan buku di perpustakaan dan lain sebagainya. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PLT dilaksanaan di kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 dengan satuan pembelajaran yang berlaku adalah Kurikulum Nasional atau Revisi Kurikulum 2013. Program kegiatan PLT dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PLT ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan kesempatan kepada para mahasiswa PLT untuk mengembangkan potensi yang dimiliki serta mencoba berbagai teori yang telah didapat di bangku perkuliahan.. Pelaksanaan PLT berjalan dengan lancar, sesuai dengan yang telah direncanakan. Kegiatan PLT menghasilkan pengalaman bagi mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Sosiologi, selain itu juga mahasiswa memperoleh gambaran menjadi seorang guru yang sesungguhnya dalam mengelola kelas, memahami karakter siswa, bersosialisasi dengan warga sekolah dan lain sebagainya. Demikian itu semua sebagai bekal bagi mahasiswa untuk siap menjadi guru yang professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, Praktik Lapagan Terbimbing (PLT), SMA Negeri 11 Yogyakarta, sosiologi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Dec 2018 02:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61912

Actions (login required)

View Item View Item