PENGEMBANGAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Prakoso, Panggih Tribowo (2016) PENGEMBANGAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_11520241041.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku sekolah elektronik berbasis multimedia sebagai sumber belajar pada mata pelajaran pemrograman web di SMK Negeri 2 Pengasih bidang keahlian Teknik Komputer Jaringan. Buku sekolah elektronik berbasis multimedia ini diharapkan bisa menjadi salah satu sumber belajar dan membantu siswa memahami materi pemrograman web. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap validasi dan uji coba dilakukan terhadap kelayakan buku sekolah elektronik. Validasi oleh ahli materi dan ahli media dilakukan untuk mendapatkan penilaian dan saran mengenai kelayakan buku sekolah elektronik dari segi materi maupun media. Subjek penelitian adalah siswa kelas X bidang keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo sejumlah 32 siswa. Metode untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan skor skala lima (skala likert ) terhadap kategori skala penilaian yang ditentukan. Hasil penelitian diperoleh rerata skor total dari dua ahli materi adalah 104 pada kategori sangat layak. Rerata skor total dua ahli media adalah 70,5 pada kategori layak. Dari hasil implementasi terhadap peserta didik, rerata skor total penilaian adalah 55,56 pada kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan buku sekolah elektronik berbasis multimedia mata pelajaran pemrograman web untuk siswa kelas X bidang keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 2 Pengasih layak digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Sekolah Elektronik, Kelayakan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Dec 2018 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61911

Actions (login required)

View Item View Item