EFEKTIVITAS METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERWUDHU ANAK TUNANETRA KELAS 2 SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Isna, Fauzia Chairunnisa (2018) EFEKTIVITAS METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERWUDHU ANAK TUNANETRA KELAS 2 SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Isna Fauzia Chairunnisa_14103241008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meguji efektivitas metode bernyanyi terhadap kemampuan berwudhu anak tunanetra kelas 2 SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain yang digunakan yaitu A-B-A. Fase baseline-1 (A1) dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, fase intervensi (B) sebanyak lima kali pertemuan, dan fase baseline-2 (A2) sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak tunanetra buta total kelas 2 SLB A Yaketunis Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan berwudhu. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berwudhu anak tunanetra kelas 2 SLB A Yaketunis Yogyakarta. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan perolehan mean level pada fase baseline-1 (A1) sebesar 25, fase intervensi (B) sebesar 68,4 dan fase baseline-2 (A2) sebesar 87,9. Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan 62,9 pada kemampuan berwudhu antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi menggunakan metode bernyanyi. Presentase data tumpang tindih (overlap) antar kondisi 0% yang berarti bahwa tidak ada data yang tumpang tindih (overlap). Dengan demikian, metode bernyanyi efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berwudhu anak tunanetra. Kata kunci : Metode bernyanyi, kemampuan berwudhu, anak tunanetra.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 12 Dec 2018 09:47
Last Modified: 30 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61908

Actions (login required)

View Item View Item