PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNARUNGU KELAS I SLB B WIYATA DHARMA I SLEMAN

Yusia, Rim (2018) PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNARUNGU KELAS I SLB B WIYATA DHARMA I SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Yusia Rim_12103249006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunarungu dikelas I SLB B Wiyata Dharma I Sleman melalui penggunaan media kartu kata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini berjumlah dua orang yang duduk di kelas I SLB. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes kemampuan membaca permulaan. Validitas instrumen tes dengan guru SLB B Wiyata Dharma I Sleman dan validitas materi serta media dengan dosen Pendidikan Luar Biasa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripstif kuantitatif dan penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik histogram. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini diketahui bahwa media kartu kata dapat digunakan untuk meningkatan kemampuan membaca permulaan anak tunarungu kelas I SLB B Wiyata Dharma I Sleman. Peningkatan kemampuan membaca permulaan subjek Rudi sebelum diberikan tindakan hanya 69,69% meningkat menjadi 72,72% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 90,90% pada siklus II. Hal tersebut dapat dilihat pada saat proses pembelajaran, Subjek Rudi sudah tidak mengganggu teman – temannya, subjek mampu membedakan huruf b dan d, subjek mampu mengidentifikasi huruf, membaca suku kata dan menggabungkan kata, subjek lebih konsentrasi pada materi yang diajarkan, dan rasa ingin tahu subjek lebih besar. Peningkatan kemampuan membaca permulaan subjek Rina sebelum diberikan tindakan hanya 60,60% meningkat menjadi 66,67% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81,81% pada siklus II. Hal tersebut dapat dilihat pada saat proses pembelajaran, subjek Rina selalu bertanya kepada guru apa yang akan dilakukan saat pembelajaran berlangsung, Rina mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, Rina dapat mengidentifikasi huruf, membaca suku kata dan menggabungkannya menjadi kata Kata kunci : anak tunarungu, membaca permulaan, media kartu kata

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 12 Dec 2018 09:21
Last Modified: 30 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61904

Actions (login required)

View Item View Item