Keefektifan Model Quantum Learning disertai Peta Konsep Terhadap Rasa Ingin Tahu dan Pemahaman Konsep Materi Ekosistem Kelas X SMA di Bima

Putra, Agus Akta Pratama (2018) Keefektifan Model Quantum Learning disertai Peta Konsep Terhadap Rasa Ingin Tahu dan Pemahaman Konsep Materi Ekosistem Kelas X SMA di Bima. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agus akta pratama putra-16725251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kefektifan model quantum learning disertai peta konsep terhadap rasa ingin tahu peserta didik pada materi ekosistem dan (2) keefektifan model quantum learning disertai peta konsep berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain pretestposttest control group design. Populasi penelitaian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Bolo, SMAN 1 Soromandi dan SMAN 2 Woha yang terletak di Kabupaten Bima, kemudian sampel dipilih secara acak dimana untuk SMAN 1 Bolo yaitu 32 peserta didik kelas X MIPA 1 sebagai eksperimen dan 31 peserta didik X MIPA 2 sebagai kelas kontrol; SMAN 1 Soromandi yaitu 19 peserta didik kelas X MIPA 1 sebagai eksperimen dan 19 peserta didik X MIPA 3 kelas kontrol; dan SMAN 2 Woha yaitu 35 peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai eksperimen dan 31 peserta didik kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) kuesioner (2) tes (pretest dan posttest). Validasi instrumen rasa ingin tahu dan pemahaman konsep meliputi validasi isi dan kontruks yang melibatkan penilaian dari seorang ahli materi dan seorang ahli model, dengan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasi penelitian ini menunjukan bahwa: (1) model Quantum Learning disertai peta konsep efektif untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik pada materi ekosistem kelas X di SMA secara menyeluruh dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol 71,23, sedangkan pada kelas eksperimen 83,54 dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05; (2 model Quantum Learning disertai peta konsep efektif untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik pada materi ekosistem kelas X di SMA secara menyeluruh dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol 71,91, sedangkan pada kelas eksperimen 81,31 dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 Kata kunci: model quantum learning, peta konsep, pemahaman konsep, rasa ingin tahu.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Date Deposited: 12 Dec 2018 07:47
Last Modified: 07 Mar 2023 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61899

Actions (login required)

View Item View Item