Penerapan Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) pada Materi Kesetimbangan Kimia Terhadap Efikasi Diri dan Prestasi Belajar Siswa.

Wulandari, Yayuk (2018) Penerapan Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) pada Materi Kesetimbangan Kimia Terhadap Efikasi Diri dan Prestasi Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_YAYUK WULANDARI_16728251022.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan penerapan pendekatan paradigma pedagogi reflektif (PPR) dengan pendekatan kontekstual terhadap efikasi diri dan prestasi belajar siswa Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest only group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA/MA yang setara dengan SMA Kolose De Britto Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5. Kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 siswa diterapkan pembelajaran menggunakan pendekatan paradigma pedagogi reflektif, sedangkan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol berjumlah 23 siswa diterapkan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual. Intrumen pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Tes berupa soal pilihan ganda digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa. Lembar angket digunakan untuk mengukur efikasi diri siswa. Analisis data menggunakan uji Manova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penerapan pendekatan PPR dengan pendekatan kontekstual pada pembelajaran kimia materi kesetimbangan kimia terhadap efikasi diri dan prestasi belajar siswa. Efikasi diri dan prestasi belajar siswa memiliki profil yang baik pada pembelajaran menggunakan pendekatan PPR yang ditunjukkan dengan frekuensi gabungan kategori sangat tinggi dan tinggi. Pembelajaran PPR juga memiliki kualitas yang baik dibanding dengan pendekatan kontekstual yang ditunjukkan dengan persentase hasil pengisisan lembar refleksi, dengan kategori siswa merasa senang dan dapat memahami materi pelajaran. Kata Kunci: efikasi diri, pendekatan paradigma pedagogi reflektif, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Date Deposited: 12 Dec 2018 04:22
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61893

Actions (login required)

View Item View Item