PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT / MAGANG III) SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Chandraning, Kurnia Putri (2017) PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT / MAGANG III) SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
CHANDRANING KURNIA PUTRI_14202241035_PENDIDIKAN BAHASA INGRIS.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan sebagai kegiatan menyangkut profesinya sebagai tenaga pendidik. Pada kegiatan ini para mahasiswa dituntut untuk bisa berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dan dikembangkan kepada masyarakat, terutama masyarakat sekolah. Pelaksanaan PLT bertempat di SMA N 11 Yogyakarta. Program PLT dilaksanakan tanggal 18 September hingga 15 November 2017. Rangkaian kegiatan PLT terlebih dahulu diawali dengan berbagai persiapan yang menyangkut kegiatan yang direncanakan oleh UNY maupun secara individu yang direncanakan oleh praktikan, yang meliputi pembekalan, observasi dan pembuatan perangkat pembelajaran, pengadaan silabus, membuat pogram tahunan, program semester dan RPP, praktik mengajar, menyusun administrasi mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan PLT meliputi pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar yang pelaksanaannya berjalan lancar. Hasil dari kegiatan PLT di SMA N 11 Yogyakarta antara lain praktik mengajar minimal sebanyak 8 kali tatap muka pertemuan di kelas X IPA 4 dan X IPS 2 dengan jumlah jam 20 jam. Metode yang digunakan dalam kelas antara lain tanya jawab, diskusi, dan scientific approach. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran, beberapa media digunakan antara lain gambar, video, slide powerpoint,dan LCD projector. Praktikan juga melaksanakan program terkait administrasi sekolah yaitu melakukan presensi disetiap kelas, piket kegiatan belajar mengajar, piket 3S (Senyum, Sapa,Salam) dengan siswa dipagi hari ,pendampingan kegiatan afeksi, mendampingi kegiatan ekstakulikuler . Kendala yang ditemui selama pelaksanaan PLT adalah waktu pelaksanaan PLT yang berbenturan dengan agenda sekolah seperti UTS, yang menyebabkan praktik mengajar tertunda dan dapat berpengaruh pada batas jam minimal mengajar. Namun pada akhirnya solusi dapat ditemukan dengan cara berkoordinasi dengan guru pamong mata pelajaran Bahasa Inggris untuk mendapatkan tambahan jam mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT , SMA N 11 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Dec 2018 06:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61883

Actions (login required)

View Item View Item