Rahmawati, Siska Nur (2018) Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Program Adiwiyata di SD Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
Siska Nur Rahmawati-16701251028-Full Text Tesis.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pendidikan karakter pada program Adiwiyata di SD Negeri Kota Yogyakarta yang ditinjau dari empat komponen pelaksanaan pendidikan karakter pada program Adiwiyata yaitu komponen kurikulum berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berwawasan lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model discrepancy. Populasi pada penelitian ini adalah 12 SD Negeri yang menerapkan progam Adiwiyata, 5 SD Negeri yang memiliki penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Kota/Kabupaten dan Provinsi. Sampel penelitian yang digunakan adalah tiga SD yang terdiri dari 493 siswa, kepala sekolah, dan guru yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan lembar panduan wawancara. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan didukung dengan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter pada program Adiwiyata yang ditinjau dari: 1) komponen kurikulum berwawasan lingkungan berjalan dengan sangat baik (86,24%), 2) komponen pelaksanaan kurikulum berwawasan lingkungan berjalan dengan baik (85,66%), 3) komponen kegiatan lingkungan berbasis partisipatif berjalan dengan baik (69,16%), 4) komponen pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan berjalan dengan baik (74,93%). Secara keseluruhan pelaksanaan pendidikan karakter pada program Adiwiyata di SD Negeri Kota Yogyakarta sudah berjalan dengan baik (74,75%), namun belum memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Kata Kunci: evaluasi, model Discrepancy, program Adiwiyata
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Date Deposited: | 11 Dec 2018 03:03 |
Last Modified: | 08 May 2019 03:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61864 |
Actions (login required)
View Item |