Pengembangan Multimedia Pembelajaran Alat Musik Gamolan dan Implementasi bagi Peserta Didik Kelas VIII di SMP N 10 Bandar Lampung.

Putra, I Ketut Satwika Sudina (2018) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Alat Musik Gamolan dan Implementasi bagi Peserta Didik Kelas VIII di SMP N 10 Bandar Lampung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-i ketut satwika sudina putra-16724251005.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran gamolan untuk peserta didik kelas VIII di SMP N 10 Bandar Lampung, (2) menguji kelayakan multimedia pembelajaran yang dikembangkan, dan (3) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran terhadap perubahan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi dan mengkombinasi model pengembangan dari Borg dan Gall dan Alessi dan Trollip. Tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi penelitian pendahuluan, perencanaan, perancangan, pengembangan, dan uji coba pemakaian. Uji coba multimedia pembelajaran menggunakan pretest and posttest group design. Data dalam penelitian dan pengembangan ini dikumpulkan melalui angket, wawancara, observasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif deskriptif, kuantitatif deskriptif, dan uji beda. Hasil penelitian dan pengembangan adalah sebagai berikut. (1) Multimedia pembelajaran gamolan dikembangkan menggunakan basis flash yang dapat dioperasikan dalam perangkat komputer. (2) Kelayakan multimedia pembelajaran gamolan berdasarkan penilaian ahli media mencapai skor 4,18 dengan kriteria “Baik”; kelayakan multimedia pembelajaran gamolan berdasarkan penilaian ahli materi mencapai skor 3,85 dengan kriteria “Baik”; penilaian produk oleh guru pada uji alfa mencapai skor sebesar 4,06 dengan kriteria “Baik”; penilaian produk oleh 3 peserta didik pada uji alfa mencapai rata-rata skor sebesar 3,8 dengan kriteria “Baik”; penilaian produk pada uji beta oleh 25 peserta didik mencapai rata-rata skor sebesar 4,27 dengan kriteria “Sangat Baik”. (3) Peningkatan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif adalah sebesar 31,2; dan peningkatan hasil belajar peserta didik pada aspek psikomotorik adalah sebesar 22,22. Nilai signifikansi 0,000 menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretest dan posttest. Dengan demikian, efektivitas dari penggunaan multimedia pembelajaran gamolan adalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, gamolan, sekolah menengah pertama
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Dec 2018 01:34
Last Modified: 09 May 2019 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61851

Actions (login required)

View Item View Item