Analisis Distraktor Butir Tes Persiapan Pemantapan Ujian Matematika Model Computer Based di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman

Syahrial, Syahrial (2018) Analisis Distraktor Butir Tes Persiapan Pemantapan Ujian Matematika Model Computer Based di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
SYAHRIAL (TESIS)-compressed.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik butir tes persiapan pemantapan ujian (TPPU) matematika model computer based (CBT) di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman Tahun 2017/2018, (2) efektivitas distraktor pada butir TPPU matematika model CBT di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman Tahun 2017/2018 ditinjau berdasarkan teori tes klasik, dan (3) efektivitas distraktor pada butir TPPU matematika model CBT di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman Tahun 2017/2018 ditinjau berdasarkan teori respons butir model Rasch. Penelitian ini merupakan expost facto pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman bagian SMP. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh respons jawab siswa dari perangkat tes matematika pada sekolah SMP Negeri se-Kabupaten Sleman yang mengikuti ujian berbasis komputer (CBT) sebanyak 4.159 responsden yang terdiri dari 54 SMP Negeri se-Kabupaten Sleman. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi respons jawab siswa pada TPPU Matematika di SMP Negeri Tahun Pelajaran 2017/2018. Analisis karakteristik butir menggunakan teori respons butir (IRT) model Rasch, sedangkan analisis distraktor menggunakan koefisien korelasi point biserial, komparasi mean skor tes, distribusi proporsi pemilih dan average ability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik prangkat tes matematika model CBT memiliki tingkat kesukaran sedang. Dari 40 butir tes matematika semua butir berfungsi normal melakukan pengukuran. Prangkat tes matematika tersebut memiliki fungsi informasi yang bagus dan cocok digunakan untuk mengukur siswa dengan kemampuan sedang, dengan fungsi informasi maksimum yang diperoleh sebesar 8,627 logit dengan standard error of measurement 0,34 pada kemampuan (θ) 0,00 dan cocok digunakan untuk pengukuran pada rentan kemampuan dari -3,9 sampai +3,9, (2) berdasarkan pendekatan secara teori klasik didapat bahwa dari 40 butir tes perangaktat matematika tersebut diperoleh butir yang distraktornya tidak berfungsi efektif berdasarkan koefisien

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Date Deposited: 11 Dec 2018 02:14
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61848

Actions (login required)

View Item View Item