Apriyanti, Astasari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2017 MAN 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
14804241029_APRIYANTI ASTASARI_LAPORAN INDIVIDU PLT.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa program studi pendidikan dari semua jurusan sebagai penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik, Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PLT UNY. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) telah dilaksanakan di MAN 2 Yogyakarta dari tanggal 15 September 2017 – 15 November 2017. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggungjawab untuk mengampu 1 kelas lintas minat yaitu gabungan dari kelas X MIPA 2 dan 3. Sebelum kegiatan PLT berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPLT yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di MAN 2 Yogyakarta. Setelah melalui kegiatan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program PLT yang direncanakan oleh mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan Perangkat Pembelajaran (Minggu Efektif, Prosem, Prota, Silabus, RPP); (2) Pembuatan Media Pembelajaran (3) Praktik mengajar; dan (4) Evalusi Pembelajaran. Serangkaian program kerja PLT MAN 2 Yogyakarta telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Lapangan Terbimbing, PLT UNY 2017, PLT MAN 2 Yogyakarta. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 11 Dec 2018 06:14 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61846 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |