Kontribusi Pelajaran Kewirausahaan, Pengalaman PKL dan Pemanfaatan Unit Produksi terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri Bidang Pariwisata di Kota Padang

Aze, Hazevi Atila Yazel (2018) Kontribusi Pelajaran Kewirausahaan, Pengalaman PKL dan Pemanfaatan Unit Produksi terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri Bidang Pariwisata di Kota Padang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hazevi atila yazel aze-16702251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pelajaran kewirausahaan, pengalaman PKL dan pemanfaatan unit produksi secara masing-masing dan bersamaan terhadap minat berwirausaha siswa SMK bidang pariwisata di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan ex post facto menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 725 orang siswa kelas XII SMK N bidang pariwisata Kota Padang, dengan jumlah sampel sebanyak 260 yang ditentukan menggunakan teknik proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Validitas instrumen dilakukan dengan analisis faktor CFA. Teknik analisis data dengan deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitiannya sebagai berikut: (1) besarnya kontribusi pelajaran kewirausahaan, terhadap minat siswa berwirausaha adalah 2,9% dan berpengaruh secara positif. (2) besarnya kontribusi pengalaman PKL terhadap minat siswa berwirausaha adalah, 4,7% dan berpengaruh secara positif. (3) besarnya kontribusi pemanfaatan unit produksi terhadap minat siswa berwirausaha adalah, 6% dan berpengaruh secara positif. (4) besarnya kontribusi pelajaran kewirausahaan, pengalaman PKL dan pemanfaatan unit produksi terhadap minat siswa berwirausaha secara bersamaan adalah 7,9% dan berpengaruh secara positif. Kata kunci: Kewirausahaan, PKL, Unit Produksi dan Minat

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Date Deposited: 11 Dec 2018 01:14
Last Modified: 16 Aug 2022 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61843

Actions (login required)

View Item View Item