Studi Ketercapaian Learning Outcomes Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Level 6 Guru Biologi Lulusan UNY pada Pengembangan Authentic Assessmen

Irwansyah, Edwin (2018) Studi Ketercapaian Learning Outcomes Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Level 6 Guru Biologi Lulusan UNY pada Pengembangan Authentic Assessmen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis Edwin Irwansyah.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui t ingkat ketercapaian learning outcomes KKNI level 6 guru biologi lulusan Universitas Negeri Yogyakarta pada pengembangan authentic assessment. Penelit ian ini adalah penelit ian survei dengan menggunakan pendekatan kuant itatif dan kualitatif. Subjek penelit ian terdiri dari 10 orang guru biologi lulusan Universitas Negeri Yogyakarta. Objek penelit ian berupa tingkat ketercapaian learning outcomes KKNI level 6 guru biologi pada pengembangan authentic assessment. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonrandom purposive sampling. Pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, dan observasi. Validasi instrumen diperoleh melalui expert judgement. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuant itatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelit ian menunjukkan bahwa learning outcomes KKNI Level 6 guru biologi dalam pengembangan authentic assessment secara umum telah tercapai dengan kategori sangat baik. Penjabaran hasil penelit ian meliputi: (1) ketercapaian learning outcomes guru biologi dalam mengembangkan penilaian portofolio terpenuhi dengan kategori baik; (2) ketercapaian learning outcomes guru biologi dalam mengembangkan penilaian produk terpenuhi dengan kategori baik; (3) ketercapaian learning outcomes guru biologi dalam mengembangkan penilaian proyek terpenuhi dengan kategori sangat baik; dan (4) ketercapaian learning outcomes guru biologi dalam mengembangkan penilaian unjuk kerja terpenuhi dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: learning outcomes, KKNI, biologi, authentic assessment.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Dec 2018 01:02
Last Modified: 09 May 2019 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61838

Actions (login required)

View Item View Item