Pengembangan Modul Pembelajaran Teknik Pemesinan Frais CNC Berbasis Proyek pada Program Studi Keahlian Teknik Mesin SMK di Kota Surakarta

Nugroho, Tri Ujan (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Teknik Pemesinan Frais CNC Berbasis Proyek pada Program Studi Keahlian Teknik Mesin SMK di Kota Surakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tri ujan nugroho-14702251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran CNC pada Program Studi Keahlian Teknik Mesin SMK di kota Surakarta; (2) menganalisis kelayakan modul pembelajaran CNC yang dikembangkan pada Program Studi Keahlian Teknik Mesin di SMK kota Surakarta; dan (3) menganalisis keefektifan modul pembelajaran CNC yang dikembangkan pada Program Studi Keahlian Teknik Mesin di SMK kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dengan tahapan pengembangan yaitu: (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Subjek penelitian adalah validator produk, guru, observer, dan siswa kelas XII Program Studi Keahlian Teknik Mesin SMK di kota Surakarta. Uji coba produk dilakukan melalui uji coba internal dan uji coba eksternal. Uji coba internal mencakup validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran, sedangkan uji coba eskternal mencakup penilaian atau respon siswa dan guru terhadap penggunaan modul. Data hasil uji coba dikumpulkan melalui kuisioner, observasi lapangan, dokumentasi, dan wawancara yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Modul pembelajaran Teknik Pemesinan Frais CNC yang dikembangkan sesuai untuk pembelajaran CNC, yaitu dapat dipelajari siswa secara mandiri dan tuntas, mencakup deskripsi dan tujuan pembelajaran CNC, memiliki daya adaptif terhadap perkembangan IPTEK, serta mudah dibaca dan dipahami siswa; (2) modul pembelajaran CNC yang dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dengan presentase kelayakan 83,2%, dinyatakan sangat layak oleh ahli media dengan presentase kelayakan 84,04%, serta hasil respon guru terhadap modul 95,6% dan respon siswa 85,8% yang menyatakan bahwa modul sangat layak digunakan; (3) peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul adalah 17,09% dan ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah modul pembelajaran Teknik Pemesinan Frais CNC Berbasis Proyek sangat layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran CNC pada Program Studi Keahlian Teknik Mesin SMK di kota Surakarta. Kata Kunci : pengembangan, ADDIE, modul pembelajaran, teknik pemesinan frais CNC, pembelajaran berbasis proyek.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Date Deposited: 11 Dec 2018 00:41
Last Modified: 18 Aug 2022 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61837

Actions (login required)

View Item View Item