PEMBELAJARAN KETERAMPILAN HORTIKULTURA BUDIDAYA JAMUR TIRAM BAGI ANAK AUTIS TINGKAT SMA DI SLB CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA

Zidni, Dzata Sakhiya (2018) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN HORTIKULTURA BUDIDAYA JAMUR TIRAM BAGI ANAK AUTIS TINGKAT SMA DI SLB CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Zidni Dzata Sakhiya_14103244024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran keterampilan hortikultura budidaya jamur tiram bagi anak autis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta dengan subyek dua anak autis berjenis kelamin laki-laki terdiri dari satu anak kelas X berusia 19 tahun dan satu anak kelas XI berusia 20 tahun serta satu guru pengampu pembelajaran keterampilan hortikultura budidaya jamur tiram sebagai informan. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan hortikultura budidaya jamur tiram bagi anak autis dilaksanakan oleh guru dengan didukung sarana dan prasarana yang disesuaikan oleh sekolah dan karakteristik anak autis. Faktor pendukung dalam pembelajaran yaitu tersedianya sarana dan prasarana sekolah yang mendukung, kondisi lingkungan sekolah, tersedianya guru yang berkompeten, antusias anak autis terhadap pembelajaran dan dukungan dari kepala sekolah, guru dan orangtua. Faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu belum adanya identifikasi kebutuhan anak, tingkat emosi anak yang masih labil, kurangnya tenaga pengajar, kurangnya pengolahan produk dalam pemasaran dan kurangnya keterlibatan anak autis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 10:27
Last Modified: 30 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61835

Actions (login required)

View Item View Item