EFEKTIVITAS MEDIA YOGYA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL KEBUDAYAAN DALAM MATA PELAJARAN IPS SISWA TUNARUNGU KELAS V SLB B KARNNAMANOHARA

Yuly, Imawati (2018) EFEKTIVITAS MEDIA YOGYA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL KEBUDAYAAN DALAM MATA PELAJARAN IPS SISWA TUNARUNGU KELAS V SLB B KARNNAMANOHARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Yuly Imawati_14103241054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Yogya Monopoli terhadap hasil belajar mengenal kebudayaan dalam mata pelajaran IPS siswa tunarungu kelas V SLB B Karnnamanohara. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah bentuk one group pretes posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas V SLB B Karnnamanohara yang berjumlah lima siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan analisis Wilcoxon Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Yogya Monopoli efektif terhadap hasil belajar mengenal kebudayaan dalam mata pelajaran IPS siswa tunarungu kelas V SLB B Karnnamanohara. Hasil analisis data menggunakan Wilcoxon Test menunjukkan hasil perhitungan T hitung lebih kecil dari pada T tabel yaitu 0 (p≤0,05), sehingga Ho ditolak. Data hasil penelitian ini juga didukung dengan data hasil pencapaian posttest lebih baik dari hasil pencapaian pretest.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 10:26
Last Modified: 30 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61834

Actions (login required)

View Item View Item