KETERAMPILAN MENGELOLA PAKAIAN PADA ANAK TUNANETRA KELAS VII SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA YANG TINGGAL DI ASRAMA

Umi, Handayani (2018) KETERAMPILAN MENGELOLA PAKAIAN PADA ANAK TUNANETRA KELAS VII SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA YANG TINGGAL DI ASRAMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Umi Handayani_14103241009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengelola pakaian pada anak tunanetra kelas VII yang tinggal di asrama Yaketunis Yogyakarta. Deskripsi yang disajikan berupa keterampilan dan kesulitan mengelola pakaian pada subjek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan yaitu satu anak kelas VII yang bertempat tinggal di asrama Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengelola pakaian pada anak tunanetra kelas VII yang bertempat tinggal di asrama Yaketunis Yogyakarta yaitu: cara membedakan pakaian kotor dan bersih dilakukan dengan meletakkan pakaian kotor di bawah tempat tidur dan meletakkan pakaian bersih di atas tempat tidur. Keterampilan mencuci pakaian pada subjek yaitu menyiapkan peralatan mencuci, memperkirakan takaran air dan sabun, melakukan pembilasan pakaian, menjemur pakaian, mengangkat jemuran pakaian miliknya. Keterampilan menyeterika pakaian pada subjek yaitu menyiapkan peralatan seterika dan perlengkapan, menancapkan kabel ke stopkontak, dan mengulurkan kabel seterika. Kesulitan pada subjek yaitu membentangkan pakaian dan alas kain, serta memahami bagian yang perlu digosok. Keterampilan melipat pakaian pada subjek yaitu mengetahui tujuan dari melipat pakaian. Sementara kesulitan yang dialami yaitu cara membentangkan pakaian dan cara melipat pakaian secara benar. Kesulitan menyimpan pakaian yaitu subjek belum terampil mengidentifikasi pakaian dan memahami teknik menyimpan pakaian yang telah dilipat ditempat yang telah dirancang. Pelaksanaan bimbingan mengelola pakaian yang dilakukan oleh ibu asrama yaitu dengan cara memantau dan memberi arahan dalam kegiatan mengelola pakaian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 10:20
Last Modified: 30 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61831

Actions (login required)

View Item View Item