EFEKTIVITAS DRILL AND PRACTICE TERHADAP KETERAMPILAN MENCUCI PAKAIAN ANAK HAMBATAN INTELEKTUAL KATEGORI SEDANG DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA

Sholihah, Indri Fitriyani (2018) EFEKTIVITAS DRILL AND PRACTICE TERHADAP KETERAMPILAN MENCUCI PAKAIAN ANAK HAMBATAN INTELEKTUAL KATEGORI SEDANG DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Sholihah Indri Fitriyani_14103244011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas drill and practice terhadap keterampilan mencuci pakaian anak hambatan intelektual kategori sedang di SLB Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian pre-test post-test group desain. Subjek penelitian berjumlah dua anak hambatan intelektual sedang kelas IX SMPLB SLB N 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes performance, observasi partisipan, dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan perhitungan statistik parametrik dengan pengujian hipotesis uji paired sample T test dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan drill and practice efektif terhadap keterampilan mencuci pakaian anak hambatan intelektual kategori sedang di SLB N 1 Yogyakarta. Data hasil penelitian menunjukkan data hasil post-test lebih baik dari hasil pencapaian pre-test. Hasil pre-test subjek H 61,4% meningkat menjadi 89,3% pada hasil post-test dan subjek R hasil pre-test 64,3% meningkat menjadi 90,7% pada hasil post-test. Nilai tersebut menunjukkan masing-masing anak mampu melampaui kriteria keberhasilan latihan keterampilan mencuci pakaian yang sudah ditetapkan sebesar 87,5%. Hasil ini didukung juga dengan hasil uji paired sample T test dengan SPSS menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,017 < 0,05, maka H1 diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:58
Last Modified: 30 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61827

Actions (login required)

View Item View Item