PENGARUH APLIKASI COLOR DETECTOR FOR BLIND ON BASED ANDROID (CODA) TERHADAP PENGENALAN WARNA BAGI PENYANDANG TUNANETRA KELAS VIII DI MTs LB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Sayidatul, Maslahah (2018) PENGARUH APLIKASI COLOR DETECTOR FOR BLIND ON BASED ANDROID (CODA) TERHADAP PENGENALAN WARNA BAGI PENYANDANG TUNANETRA KELAS VIII DI MTs LB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Sayidatul Maslahah_14103241046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Color Detector For Blind Based on Android(CODA) terhadap pengenalan warna bagi penyandang tunanetra kelas VIII di MTS LB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu kuasi eksperimen. Desain penelitian One Group Pre Test- Post Test Design. Subjek penelitian yang digunakan adalah 5 penyandang tunanetra yang berada di kelas VIII MTs LB A Yaketunis. Data yang diperoleh dengan menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan uji nonparametrik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang ditampilkan dengan bentuk tabel dan grafik kemudian dilanjutkan uji nonparametrik tes Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan aplikasi Color Detector for Blind Based on Android (CODA) terhadap pengenalan warna bagi penyandang tunanetra kelas VIII di MTs LB A Yaketunis Yogyakarta. Data hasil penelitian ini juga didukung dengan data hasil pencapaian posttest lebih baik dari hasil pencapaian pretest. Perolehan skor pre-test menunjukkan kelima subjek rata-rata mendapatkan skor 27,2 dengan persentase 45,3%. Skor posttest yang diperoleh kelima subjek rata-rata 44,4 dengan persentase 73,96% sehingga rata-rata skor perubahan kelima subjek sebesar 17,2 dengan persentase 28,66%. Hasil uji statistic nonparametric tes Wilcoxon memperoleh T hitung ≤ T tabel dengan harga T hitung 0 dan harga T tabel 0 dengan taraf signifikansi yang digunakan α =0,01 maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:52
Last Modified: 30 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61825

Actions (login required)

View Item View Item