KEEFEKTIFAN MEDIA SEX EDUCATION APPLICATION (SEXO APP) TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU SEKSUAL SISWA AUTIS USIA PUBERTAS DI KELAS IX SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA

Ronaria, Mentari Putri (2018) KEEFEKTIFAN MEDIA SEX EDUCATION APPLICATION (SEXO APP) TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU SEKSUAL SISWA AUTIS USIA PUBERTAS DI KELAS IX SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ronaria Mentari Putri_14103241017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan aplikasi SEXO App terhadap perubahan perilaku seksual siswa autis usia pubertas di kelas IX SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A’ yaitu baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Subjek penelitian ini adalah siswa autis laki-laki yang sering melakukan perilaku seksual di tempat umum saat di sekolah. Pengumpulan data menggunakan instrumen pengamatan frekuensi perilaku. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Penyajian hasil penelitian menggunakan grafik dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media SEXO App dapat merubah perilaku seksual siswa autis usia pubertas di kelas IX SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan menurunnya frekuensi perilaku seksual di tempat umum saat di sekolah pada fase intervensi. Subjek mengalami penurunan mean level dari 40 pada fase baseline 1 (A) menjadi 11,142 pada fase intervensi (B) dan 11,667 pada fase baseline 2 (A’). Data hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media SEXO App efektif untuk merubah perilaku seksual siswa autis ditunjukkan persentase overlap yang rendah. Presentase overlap antar kondisi baseline 1 dan baseline 2 yaitu 0%. Secara keseluruhan media SEXO App berpengaru positif terhadap perubahan perilaku seksual seksual siswa autis usia pubertas di kelas IX SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:50
Last Modified: 30 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61824

Actions (login required)

View Item View Item