PEMBELAJARAN BINA DIRI BAGI ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB YAPENAS YOGYAKARTA

Riska, Widyanasari (2018) PEMBELAJARAN BINA DIRI BAGI ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB YAPENAS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Riska Widyanasari_13103241059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam tentang pembelajaran bina diri bagi anak cerebral palsy di SLB Yapenas Yogyakarta yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran serta kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran bina diri. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilaksanakan di SLB Yapenas Yogyakarta. Subjek penelitian adalah guru pembelajaran bina diri. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman (2012) dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran bina diri bagi anak cerebral palsy di SLB Yapenas Yogyakarta meliputi : (1) Perencanaan pembelajaran dengan didahului asesmen untuk menentukan program sebagai dasar untuk menyusun RPP. (2) Pelaksanaan Pembelajaran bina diri melalui tiga tahapan: (a) pendahuluan: guru mengkondisikan siswa dan memberikan apersepsi. (b) kegiatan inti guru melakukan kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dengan focus kegiatan yang disampaikan guru yakni penyampaian materi kebersihan diri, berpakaian dan mengurus diri dengan menggunakan metode demonstrasi, latihan, tanya jawab dan pemberian tugas. Media yang digunakan guru yakni dengan menggunakan media benda asli. Dan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pendekatan individual. Selanjutnya siswa akan melakukan latihan dan praktik kegiatan bina diri .(c) Pembelajaran ditutup dengan merangkum pembelajaran, memberikan tugas kepada siswa, melakukan penilaian dan menutup pembelajaran dengan do’a. (3) Evaluasi pembelajaran bina diri pada anak cerebral palsy dilakukan dengan menggunakan evaluasi tes dan non tes. (4) Kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran bina diri yakni, siswa yang memiliki kondisi dan karakteristik yang berbeda, serta sarana dan prasarana pembelajaran yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:48
Last Modified: 30 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61823

Actions (login required)

View Item View Item