EFEKTIVITAS TEKNIK FORWARD CHAINING (BERANTAI MAJU) TERHADAP KETERAMPILAN MERAWAT RAMBUT PADA SISWA SINDROM DOWN DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 YOGYAKARTA

Paulina, Erica Septianingrum (2018) EFEKTIVITAS TEKNIK FORWARD CHAINING (BERANTAI MAJU) TERHADAP KETERAMPILAN MERAWAT RAMBUT PADA SISWA SINDROM DOWN DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Paulina Erica Septianingrum_14103241030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik forward chaining (berantai maju) terhadap keterampilan merawat rambut pada siswa Sindrom Down di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya salah satu siswa Sindrom Down yang kurang terampil dalam merawat kebersihan rambut. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pendekatan eksperimen yang digunakan adalah pendekatan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah satu siswa perempuan sindrom Down kelas XI di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes perbuatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi. Hasil penelitian ditunjukkan dengan meningkatnya kemandirian subjek melalui skor pada kegiatan baseline-1 (A1) yaitu stabil dengan poin 33, pada intervensi (B) dari sesi satu dengan poin 48 meningkat hingga sesi enam dengan poin 56, dan pada baseline-2 (A2) yaitu stabil dengan poin 58. Efektivitas teknik berantai maju terhadap keterampilan merawat rambut juga didukung oleh persentase overlap yang rendah yaitu 0% dan meningkatnya mean level pada setiap fasenya, yaitu pada fase baseline-1 subjek mempunyai mean level 33, kemudian mean level subjek meningkat pada fase intervensi menjadi 52,5 dan pada fase baseline-2 meningkat dan stabil dengan mean level 58. Kesimpulan penelitian adalah teknik berantai maju efektif terhadap keterampilan merawat rambut pada siswa sindrom Down.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:41
Last Modified: 30 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61820

Actions (login required)

View Item View Item