EFEKTIFITAS METODE EJA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS I DI SD N BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA

Monica, Devi Karmila (2018) EFEKTIFITAS METODE EJA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS I DI SD N BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Monica Devi Karmila 12103244028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode eja terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca kelas 1 di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah desain A-B. Subjek penelitian yaitu seorang anak berkesulitan belajar membaca kelas 1 di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta bernama MF. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca permulaan dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, kemudian dianalisis berdasarkan analisis dalam kondisi dan antarkondisi dengan penyajian data melalui grafik garis. Hasil penelitian menunjukkan metode eja efektif terhadap kemampuan membaca permulaan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase kemampuan membaca permulaan pada subjek MF. Proses belajar menggunakan metode eja selama intervensi menunjukkan hasil yang lebih baik, yakni: 75%, 75%, 80%, 75%, 80%, 85%, 85%, sedangkan pada fase baseline yakni: 40%, 45%, 45%. Selain itu, berdasarkan hasil analisis data diketahui tingkat overlap sebesar 0%, yang berarti semakin kecil persentase overlap menunjukkan semakin besar pengaruh intervensi terhadap target behavior.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 08:57
Last Modified: 30 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61814

Actions (login required)

View Item View Item