PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN PENGEMBANGAN KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA TAHAP IDENTIFIKASI SISWA TUNARUNGU KELAS 1 DI SLB N 1 BANTUL

Mila, Ayu Setyaningsih (2018) PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN PENGEMBANGAN KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA TAHAP IDENTIFIKASI SISWA TUNARUNGU KELAS 1 DI SLB N 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Mila Ayu Setyaningsih_14103244003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pendidikan PKPBI (Pengembangan Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama) tentang tahap identifikasi bunyi pada kelas 1 di SLB N 1 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PKPBI dan siswa tunarungu kelas 1 di SLB N 1 Bantul yang berjumlah 7 orang siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik yang digunakan untuk menganalisis data adalah tehnik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program pendidikan PKPBI kelas 1 sudah sesuai dengan komponen pendidikan, yang pertama tujuan pendidikan yaitu dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan pedoman kurikulum 2013, membuat perencanaan, pelaknasaan pendidikan meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Metode yang digunakan guru adalah sosial activity, bermain peran, percakapan, dan demonstrasi. Kegiatan evaluasi yang digunakan adalah kegiatan evaluasi formatif. Kedua yaitu peserta didik, dalam penelitian ini peserta didik yang diteliti adalah anak tunarungu dengan kategori masih memiliki sisa pendengaran dan dalam pelaksanaan pembelajaran adalah student center atau pendidikan berpusat pada peserta didik. Ketiga yaitu pendidik yang sudah berpengalaman mendidik anak tunarungu. Keempat yaitu media, media yang digunakan dalam pembelajaran PKPBI tahap identifikasi kelas 1 adalah sarana fisik dan perlengkapan pembelajaran berupa alat non elektronik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 08:43
Last Modified: 30 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61813

Actions (login required)

View Item View Item