Pengaruh Penerapan Metode Permainan Dalam Pembelajaran Seni Musik Terhadap Karakter dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta.

Praptomo, Haryo (2018) Pengaruh Penerapan Metode Permainan Dalam Pembelajaran Seni Musik Terhadap Karakter dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-haryo-praptomo-14724251003.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik terhadap karakter dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta, (2) mengetahui pengaruh penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik terhadap karakter peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta, dan (3) mengetahui pengaruh penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta . Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen pre-test pos-test. Sampel sejumlah 42 orang peserta didik kelas V terdiri dari 21 peserta didik kelas eksperimen dan 21 peserta didik kelas kontrol di SD Joannes Bosco Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara memberikan pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Variabel karakter menggunakan kuisioner dan hasil belajar peserta didik menggunakan instrument tes bernyanyi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu multivariate analysis of covariance (MANCOVA). Hasil penelitian adalah (1) penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik berpengaruh terhadap karakter dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta (F hitung = 671,402 dan sig 0,000 < 0,05), yang juga dipengaruhi oleh hasil belajar sebelum diberi perlakuan (F hitung = 14,025 dan sig 0,000 < 0,05). (2) Penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik berpengaruh terhadap karakter peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta (F hitung = 135,705 dan sig 0,000 < 0,05), yang juga dipengaruhi oleh karakter sebelum diberi perlakuan (F hitung = 4,385 dan sig 0,043 < 0,05). (3) Penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta (F hitung = 1285,403 dan sig 0,000 < 0,05), yang juga dipengaruhi oleh hasil belajar sebelum diberi perlakuan (F hitung = 24,340 dan sig 0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode permainan, karakter peserta didik, dan hasil belajar peserta didik
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2018 08:39
Last Modified: 09 May 2019 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61811

Actions (login required)

View Item View Item