Efektivitas Teknik Role Playing Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018

Sari, Yulia Novita (2018) Efektivitas Teknik Role Playing Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yulia novita sari-16713251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena di lapangan yang menunjukkan masih minimnya pemberian layanan bimbingan kelompok dalam membantu peningkatan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik di lingkungannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik role playing terhadap peningkatan: (1) kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik secara bersama-sama, (2) kepercayaan diri peserta didik, dan (3) kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan memberikan perlakuan tertentu terhadap subjek penelitian dengan menggunakan nonequivalent control groups design. Populasi penelitian ini kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta dan sampel yang dipilih yaitu peserta didik kelas X IPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan X IPS sebagai kelompok kontrol SMA Negeri 8 Yogyakarta dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri dan skala kemampuan komunikasi interpersonal. Uji Persyaratan menggunakan uji normalitas untuk memperlihatkan bahwa sampel diambil dari populasi berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk memperlihatkan bahwa sampel diambil dari varian yang homogen. Teknik analisis data menggunakan uji analisis of varianve (ANOVA) untuk untuk mengetahui nilai dari penerapan teknik role playing terhadap peningkatan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi interpersonalpeserta didik secara bersama-sama dan uji t berpasangan (paired sample t test) untuk melihat skor sebelum dan sesudah perlakuan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa teknik role playing efektif terhadap peningkatan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi interpersonal secara bersama-sama (sig. ≤ 0,05) dengan nilai F = 5,797. Teknik role playing efektif terhadap peningkatan kepercayaan diri (sig. ≤ 0,05) dengan nilai t = 10,821 dan kemampuan komunikasi interpersonal (sig. ≤ 0,05) dengan nilai t = 10,651. Taraf sig. ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian teknik role playing efektif terhadap peningkatan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik. Kata Kunci: teknik role playing, kepercayaan diri, kemampuan komunikasi interpersonal.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Date Deposited: 10 Dec 2018 08:27
Last Modified: 01 Nov 2022 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61806

Actions (login required)

View Item View Item