PENGARUH METODE DRILL TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS VI DI SLB SEKAR TERATAI 1 PEDAK, TRIMURTI, SRANDAKAN, BANTUL, D.I. YOGYAKARTA

Wiwit, Ika Setiyati (2017) PENGARUH METODE DRILL TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS VI DI SLB SEKAR TERATAI 1 PEDAK, TRIMURTI, SRANDAKAN, BANTUL, D.I. YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Wiwit Ika Setiyati_11103244018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap kemampuan motorik halus anak tunagrahita kelas VI di SLB Sekar Teratai 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian one group pretest – posttest design. Subjek penelitian yaitu enam siswa tunagrahita kelas VI. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar untuk mengukur tingkat kemampuan motorik halus subjek. Uji statistik penelitian ini menggunakan sign test yang dilanjutkan dengan membandingkan hasil nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan metode drill mempengaruhi kemampuan motorik halus anak tunagrahita. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan nilai tes anak tunagrahita. Hasil pretest dan posttest tersebut dapat dipersentasekan pengaruh metode drill pada kemampuan motorik siswa tunagrahita meningkat sebesar dari menulis 3.96%, meronce 3.93%, menggambar 5.31%, dan menggunting 3.83%. Hasil analisis data tes hasil belajar dengan menggunakan sign test menunjukkan p tabel 0,031 lebih kecil daripada signifikansi 0,05. Keenam siswa tunagrahita mampu menguasai kemampuan motorik halus melalui kegiatan menulis, menggambar, meronce, dan menggunting yang mengacu pada kemandirian dan koordinasi tangan dan mata. Pelaksanaan metode drill dilakukan meliputi persiapan, pengenalan alat, pelaksanaan kegiatan, dan penutup. Selain itu, perubahan positif pada kemampuan motorik halus siswa adalah siswa mampu melakukan kegiatan lebih mandiri dan koordinasi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 08:16
Last Modified: 30 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61805

Actions (login required)

View Item View Item