PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERKALIAN BILANGAN DASAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA KARTU BILANGAN BRAILLE PADA ANAK TUNANETRA KELAS III SD DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Triwinarno, Tunggul Prabowo (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERKALIAN BILANGAN DASAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA KARTU BILANGAN BRAILLE PADA ANAK TUNANETRA KELAS III SD DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Triwinarno Tungul Prabowo_13103241068 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar perkalian bilangan dasar pada mata pelajaran matematika anak tunanetra kelas dasar III SLB A Yaketunis Yogyakarta menggunakan Media Kartu Bilangan Braille. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah dua anak tunanetra yang masih memiliki hasil belajar rendah dalam mata pelajaran matematika materi perkalian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Kartu Bilangan Braille dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan dari hasil belajar dari pre-test, tindakan siklus I, dan tindakan siklus II. Pada pre-test subjek A mendapatkan skor 40, pada tindakan siklus I meningkat 10% menjadi 50 dan subyek B pada pre-test mendapatkan skor 50, pada tindakan siklus I meningkat sebesar 10% menjadi 60, hal ini dilakukan dengan pemberian tindakan siklus I berupa penjelasan konsep dasar perkalian dan pelatihan penggunaan media Kartu Bilangan Braille serta bimbingan dalam menyelesaikan soal. Pada pasca tindakan siklus II, subjek A meningkat 30% dari 50, hasil tindakan siklus I menjadi 80 dan subyek B meningkat 20% dari 60, hasil tindakan siklus I menjadi 80, hal ini dilakukan dengan tindakan penggunaan media Kartu Bilangan Braille yang telah dimodifikasi untuk memudahkan anak dalam memahami konsep perkalian yang dilakukan secara intensif dan penggunaan sifat komutatif. Dari hasil tersebut dapat diketahui kedua subyek telah memenuhi KKM yang ditentukan yaitu 75,00.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61794

Actions (login required)

View Item View Item