EFEKTIVITAS PERMAINAN TEBAK MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNARUNGU KELAS II DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA

Ulfah, Maghfirotul Hasanah (2017) EFEKTIVITAS PERMAINAN TEBAK MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNARUNGU KELAS II DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ulfah Maghfirotul Hasanah_13103241024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan tebak kata macromedia flash terhadap keterampilan membaca permulaan anak tunarungu kelas II di SLB Islam Qothrunnada. Penelitian ini merupakan penelitian subyek tunggal (SSR) dengan desain A-B-A’. Subyek penelitian merupakan siswa tunarungu kelas di SLB Islam Qothrunnada. Penelitian dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan membaca permulaan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen yang dianalisi yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Pengumpulan data menggunakan skor frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif pengunaan media permainan tebak kata macromedia flash terhadap keterampilan membaca permulaan. Hal ini ditunjukkan dengan data yang tumpang tindih (overlap) dalam analisis A/B dan B/A’ sebesar 0% yang berarti semakin kecil presentase overlap menunjukkan semakin besar pengaruh terhadap target behavior. Hal ini juga didukung dengan adanya peningkatan skor keterampilan membaca yang diperoleh subyek selama fase baseline-1, intervensi dan baseline- 2. Pada fase baseline-1 subyek mendapatkan skor frekuensi 45, 48,75, dan 51,25. Pada fase intervensi dari pertemuan pertama hingga pertemuan keenam seubyek memperoleh skor frekuensi 62,5, 71,25, 80, 90, 91,25 dan 92,5 pada fase Baseline-2 subyek mendapatkan skor frekuensi 93,75, 93,75, dan 95. Dengan adanya kenaikan skor frekuensi keterampilan membaca permulaan maka penggunaan media permaina tebak kata macromedia flash efektif digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 07:23
Last Modified: 30 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61793

Actions (login required)

View Item View Item