STUDI KASUS PELAKSANAAN FISIOTERAPI PADA FLEKSIBILITAS ANGGOTA GERAK BAWAH ANAK CEREBRAL PALSY DI WAHANA KELUARGA CEREBRAL PALSY YOGYAKARTA

Ninda, Pradika Riyadi (2017) STUDI KASUS PELAKSANAAN FISIOTERAPI PADA FLEKSIBILITAS ANGGOTA GERAK BAWAH ANAK CEREBRAL PALSY DI WAHANA KELUARGA CEREBRAL PALSY YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ninda Pradika Riyadi_13103244020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses pelaksanaan fisioterapi pada fleksibilitas anggota gerak bawah anak cerebral palsy di WKCP Yogyakarta. Alasan mengambil penelitian ini karena diketahui terdapat anak cerebral palsy yang mengalami fleksibilitas anggota gerak bawah yang kurang dan mengalami peningkatan setelah mengikuti fisioterapi kurang lebih 7 bulan. Hal tersebut terlihat pada hasil asesmen dan evaluasi gerak yang telah dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah 1 anak cerebral palsy spastic quadriplegia berjenis kelamin perempuan dan berusia 3 tahun, serta informan pendukung adalah fisioterapis dan orangtua subjek. Metode dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisa data kualitatif yang mengacu pada model Milles dan Huberman. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses pelaksanaan fisioterapi dilakukan sesuai standar tahapan layanan fisioterapi. Hal tersebut dibuktikan dengan tahapan yang dilakukan terdiri dari asessmen gerak, diagnosa hasil dan perencanaan, pelaksanaan intervensi terdiri dari hydrotheraphy, neurostructure, NDT, massage dan terapi latihan yang dilakukan selama 1-2 kali dalam seminggu dengan durasi 60-90 menit, tahapan terakhir adalah evaluasi setiap selesai pemberian treatment dan evaluasi secara berkala, namun evaluasi secara berkala belum dilakukan kembali. Sebagai tambahan hasil penelitian, diketahui bahwa peran orangtua menemani subjek saat pelaksanaan treatment berlangsung dan memberikan latihan sebagai tindak lanjut fisioterapi di rumah berpengaruh pada peningkatan kemampuan fleksibilitas anggota gerak bawah pada subjek.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61792

Actions (login required)

View Item View Item