PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SLB MA’ARIF BANTUL

Friska, Prasetyaningrum (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SLB MA’ARIF BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Friska Prasetyaningrum_11103241006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan pembelajaran keterampilan menulis kalimat melalui model quantum learning pada siswa tunarungu kelas IV di SLB Ma’arif Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan mengadaptasi desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian yaitu 2 siswa tunarungu kelas IV. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes untuk mengukur tingkat keterampilan menulis kalimat subjek, metode observasi untuk mengamati aktivitas siswa. Analisis data deskriptif kuantitatif yang dilanjutkan dengan teknik komparatif, yaitu membandingkan hasil tes pra tindakan dan tes pasca tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis kalimat dapat meningkat dengan menggunakan model quantum learning pada siswa tunarungu kelas IV di SLB Ma’arif Bantul. Hasil siklus I yang dicapai subjek belum mampu memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Tindakan pada siklus II diberikan dengan memperhatikan hasil refleksi siklus I. Setelah pelaksanaan siklus II, seluruh subjek telah mampu memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu sebesar 70. Subjek AF memperoleh nilai 85 termasuk kriteria sangat baik. Subjek IK memperoleh nilai 80 termasuk kriteria baik. Peningkatan nilai tes didukung oleh kualitas aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran yang juga semakin meningkat dari setiap pertemuan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model quantum learning dapat digunakan untuk membantu meningkatkan keterampilan menulis kalimat bagi siswa tunarungu kelas IV di SLB Ma’arif Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 07:13
Last Modified: 30 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61789

Actions (login required)

View Item View Item