EFEKTIVITAS MEDIA “COPATA” UNTUK MENAMBAH KOSAKATA ANAK TUNARUNGU KELAS 2 SD DI SLB DHARMA BHAKTI PIYUNGAN

Nevi Kurnia, Rahma Lestari (2017) EFEKTIVITAS MEDIA “COPATA” UNTUK MENAMBAH KOSAKATA ANAK TUNARUNGU KELAS 2 SD DI SLB DHARMA BHAKTI PIYUNGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Nevi Kurnia Rahma Lestari_13103241049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media “copata” untuk menambah kosakata anak tunarungu kelas 2 SD di SLB Dharma Bhakti Piyungan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen Single Subject Research (SSR), desain A-B-A’. Subjek penelitian merupakan siswa tunarungu kelas 2 SD dengan pembendaharaan kosakata yang masih rendah yaitu hanya memilki perbendaharaan 2 kosakata. Data yang diperoleh dianalisis melalui stastistik deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik polygon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media “copata” mampu menambah kosakata subjek, ditunjukkan dengan penguasaan indikator dan meningkatnya skor total secara bertahap setelah diberikan intervensi. Pada kondisi baseline-I (A) terdapat 3 sesi dengan skor total 5, 5 dan 5. Pada kondisi intervensi (B) terdapat 10 sesi dengan skor total 7, 9, 10, 12, 14, 17, 20, 23, 23, dan 23. Pada kondisi baseline-II (B) terdapat 3 sesi dengan skor total 23, 23 dan 23. Dari perolehan data dan didukung dengan rendahnya tingkat overlap pada analisis dalam kondisi dan antar kondisi sebesar 0%. Secara keseluruhan media “copata” berpengaruh efektif dan positif untuk digunakan sebagai media menambah kosakata anak tunarungu kelas 2 SD di SLB Dharma Bhakti Piyungan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 07:06
Last Modified: 30 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61785

Actions (login required)

View Item View Item